Just another free Blogger theme

Kamis, 14 April 2022

 

A.    LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan sumber daya manusia dan taraf kehidupan bangsa. Semakin baik pendidikan di suatu bangsa, maka semakin baik pula kualitas bangsa itu, itulah asumsi umum terhadap program pendidikan suatu bangsa. Secara faktual pendidikan menggambarkan kegiatan sekelompok orang seperti kepala sekolah, guru, dan siswa yang didalamnya terjadi interaksi dalam melaksanakan pendidikan dan bekerjasama dengan orang-orang yang berkepentingan. Secara perspektif pendidikan ialah arahan, muatan, dan pilihan yang tepat sebagai wahana pengembangan masa depan anak didik yang tidak terlepas dari kontrol manusia sebagai pendidik. Salah satu hal yang paling berpengaruh dalam pendidikan adalah tingkat kemampuan dan kemauan membaca siswa.

Pada era globalisasi saat ini, kemampuan dan keterampilan dalam mengolah informasi dari membaca sangat diperlukan oleh peserta didik, hal ini berhubungan erat dengan kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan diri terutama dalam pengembangan budi pekerti. Kesalahan dalam mengolah dan menganalisis informasi oleh peserta didik akan berakibat fatal terhadap masa perkembangan dan masa depannya. Untuk itu kemampuan mengolah, menganalisis, dan merefleksi sebuah informasi adalah sangat penting terutama 2 pada kemampuan berpikir kritis. Karena dengan pembiasaan budaya membaca akan menumbuhkan rasa ingin tahu dan menambah wawasan pemikiran peserta didik sehingga memunculkan permasalahan yang harus dipecahkan, sehingga menuntut peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis. Kemampuan dan keterampilan peserta didik mengolah, menganalisis, dan mampu merefleksinya dapat tercapai apabila ada kegiatan pembiasaan yang mengarahkannya.

Di SD N Tlahap, kegiatan literasi ini dimulai dengan kegiatan One Day One Literature (ODOL). Dengan adanya program ODOL ini, diharapkan program pembiasaan membaca dan menulis siswa dapat berjalan dengan optimal. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

B.     TUJUAN

Tujuan dari program ODOL adalah:

1.      Menumbuhkan motivasi membaca dan menulis pada siswa

2.      Meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada siswa

3.      Meningkatkan rasa ingin tahu pada siswa

 

C.     TOLAK UKUR

Tolak ukur keberhasilan dari program ODOL ini adalah:

1.      75 % murid dapat semangat dan termotivasi dalam kegiatan ODOL

2.      75% murid dapat mengisi diary literasi dengan baik

 

D.    LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN

NO

NAMA KEGIATAN

WAKTU

1

Mendiskusikan program ODOL dengan kepala sekolah

20-25 November 2021

2

Melakukan sosialisasi program dengan siswa

26-28 November 2021

3.

Mendesain sudut baca pada kelas agar lebih menarik

29 November – 3 Desember 2021

4

Melakukan program ODOL setiap pagi

4-30 Desember 2021

5

Mengevaluasi dan merefleksi program ODOL

30 Desember 2021

 

 

 

 

E.     DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

1.      Sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti buku bacaan

2.      Dukungan dari kepala sekolah dan rekan untuk melaksanakan program

3.      Dukungan wali murid dan komite sekolah untuk mengoptimalkan program ODOL

 

F.      FOTO DOKUMENTASI LAIN

1.      Pelaksanaan Program ODOL di kelas


 


 


 


2.      Pelaksanaan Program ODOL di Perpustakaan


 




             3. Medesain Pojok Baca di Kelas

 

 


 



 

 

 

 

 

 

 

 

Categories: ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar