A. LATAR BELAKANG
Pendidikan
merupakan salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan sumber daya manusia
dan taraf kehidupan bangsa. Semakin baik pendidikan di suatu bangsa, maka
semakin baik pula kualitas bangsa itu, itulah asumsi umum terhadap program
pendidikan suatu bangsa. Secara faktual pendidikan menggambarkan kegiatan
sekelompok orang seperti kepala sekolah, guru, dan siswa yang didalamnya
terjadi interaksi dalam melaksanakan pendidikan dan bekerjasama dengan
orang-orang yang berkepentingan. Secara perspektif pendidikan ialah arahan,
muatan, dan pilihan yang tepat sebagai wahana pengembangan masa depan anak
didik yang tidak terlepas dari kontrol manusia sebagai pendidik. Salah satu hal
yang paling berpengaruh dalam pendidikan adalah tingkat kemampuan dan kemauan
membaca siswa.
Pada
era globalisasi saat ini, kemampuan dan keterampilan dalam mengolah informasi
dari membaca sangat diperlukan oleh peserta didik, hal ini berhubungan erat
dengan kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan diri terutama dalam
pengembangan budi pekerti. Perlu kita sadari bahwa setiap murid adalah istimewa. Meraka mempunyai sesuatu yang tidak
dimiliki oleh orang lain. Baik dari segi minat, latar belakang, maupun gaya
belajar. Sebagai seorang guru, kita harus bisa mewadahi berbagai keistimewaan
murid tersebut dalam sebuah pembelajarn berdiferensiasi. Pembelajaran
berdiferensiasi itu sendiri adalah pembelajaran yang memperhatikan setiap
kebuthan pada murid. Sehingga pada akhirnya pembelajaran yang dilakukan guru
dapat memenuhi kebutuhan muridnya tanpa terkecuali.
B. TUJUAN
Tujuan dari program Pembelajaran
berdiferensiasi ini adalah:
1.
Menumbuhkan motivasi pada guru untuk membuat rancangan
pembelajaran yang memenuhi kebutuhan murid.
2.
Meningkatkan semangat belajar pada murid
3.
Meningkatkan hasil belajar pada murid
C. TOLAK UKUR
Tolak ukur
keberhasilan dari program ini adalah:
1.
75 % murid dapat semangat dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran
2.
75% murid mengalami peningkatan hasil belajar
D. LINIMASA TINDAKAN YANG
AKAN DILAKUKAN
NO |
NAMA KEGIATAN |
WAKTU |
1 |
Mendiskusikan rancangan pembelajaran dengan kepala sekolah
dengan kepala sekolah |
15-16 Februari 2022 |
2 |
Mendesain monopoli matematika |
16-20 Februari 2022 |
3 |
Membuat buku lagu pembelajaran |
16-20 Februari 2022 |
2 |
Membuat rancangan pembelajaran berdiferensiasi dengan monopoli
matematika dan lagu pembelajaran |
16-20 Februari 2022 |
3. |
Melakukan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi dengan
monopoli matematika dan lagu pembelajaran |
21-28 Februari 2022 |
4 |
Mengevaluasi dan merefleksi program ODOL |
1 Maret 2022 |
E.
DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
1. Sarana
dan prasarana media pembelajaran yang menarik
2. Dukungan
dari kepala sekolah dan rekan untuk melaksanakan program
3. Dukungan
wali murid dan komite sekolah untuk mengoptimalkan propembelajaran
berdiferensiasi
F.
FOTO DOKUMENTASI LAIN
1. Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di kelas
0 komentar:
Posting Komentar