Just another free Blogger theme

Kamis, 14 April 2022

 

A.    LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan sumber daya manusia dan taraf kehidupan bangsa. Semakin baik pendidikan di suatu bangsa, maka semakin baik pula kualitas bangsa itu, itulah asumsi umum terhadap program pendidikan suatu bangsa. Secara faktual pendidikan menggambarkan kegiatan sekelompok orang seperti kepala sekolah, guru, dan siswa yang didalamnya terjadi interaksi dalam melaksanakan pendidikan dan bekerjasama dengan orang-orang yang berkepentingan. Secara perspektif pendidikan ialah arahan, muatan, dan pilihan yang tepat sebagai wahana pengembangan masa depan anak didik yang tidak terlepas dari kontrol manusia sebagai pendidik. Salah satu hal yang paling berpengaruh dalam pendidikan adalah tingkat kemampuan dan kemauan membaca siswa.

Pada era globalisasi saat ini, kemampuan dan keterampilan dalam mengolah informasi dari membaca sangat diperlukan oleh peserta didik, hal ini berhubungan erat dengan kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan diri terutama dalam pengembangan budi pekerti. Perlu kita sadari bahwa setiap murid adalah  istimewa. Meraka mempunyai sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Baik dari segi minat, latar belakang, maupun gaya belajar. Sebagai seorang guru, kita harus bisa mewadahi berbagai keistimewaan murid tersebut dalam sebuah pembelajarn berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi itu sendiri adalah pembelajaran yang memperhatikan setiap kebuthan pada murid. Sehingga pada akhirnya pembelajaran yang dilakukan guru dapat memenuhi kebutuhan muridnya tanpa terkecuali.

B.     TUJUAN

Tujuan dari program Pembelajaran berdiferensiasi ini adalah:

1.      Menumbuhkan motivasi pada guru untuk membuat rancangan pembelajaran yang memenuhi kebutuhan murid.

2.      Meningkatkan semangat belajar pada murid

3.      Meningkatkan hasil belajar pada murid

 

C.     TOLAK UKUR

Tolak ukur keberhasilan dari program ini adalah:

1.      75 % murid dapat semangat dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran

2.      75% murid mengalami peningkatan hasil belajar

 

D.    LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN

NO

NAMA KEGIATAN

WAKTU

1

Mendiskusikan rancangan pembelajaran dengan kepala sekolah dengan kepala sekolah

15-16 Februari 2022

2

Mendesain monopoli matematika

16-20 Februari 2022

3

Membuat buku lagu pembelajaran

16-20 Februari 2022

2

Membuat rancangan pembelajaran berdiferensiasi dengan monopoli matematika dan lagu pembelajaran

16-20 Februari 2022

3.

Melakukan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi dengan monopoli matematika dan lagu pembelajaran

21-28  Februari 2022

4

Mengevaluasi dan merefleksi program ODOL

1 Maret 2022

 

E.     DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

1.      Sarana dan prasarana media pembelajaran yang menarik

2.      Dukungan dari kepala sekolah dan rekan untuk melaksanakan program

3.      Dukungan wali murid dan komite sekolah untuk mengoptimalkan propembelajaran berdiferensiasi

 

F.      FOTO DOKUMENTASI LAIN

1.      Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi  di kelas













Categories: ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar