Just another free Blogger theme

Kamis, 14 April 2022

 

 

A.    LATAR BELAKANG

Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 menyatakan pembelajaran adalah “Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar” Disadari atau tidak, pendidikan akan bengaruh cukup besar bagi kehidupan siswa, baik di masa kini ataupun di masa yang akan atang. Keberhasilan siswa dalam pendidikan ini tidak terlepas dari cara seorang guru mendidik siswa. di dalam dunia pendidikan saat ini, siswa akan dianggap berhasil jika telah menguasai tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Pada kenyataan di lapangan saat ini, masih banyak siswa yang belum mampu menguasai tujuan pembelajaran yang diharapkan guru. Di dalam kelas siswa juga terlihat kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang bersifat monoton yang kurang berpihak pada anak.

Berdasarkan fakta tersebut tersebut, guru  terdorong untuk melakukan pembelajaran yang menyenangkan mengacu pada filosofi Ki Hajar Dewantara. Pembelajaran dengan mengacu pada filosofi Ki Hajar Dewantara ini diharapkan mampu membuat siswa lebih senang dan tertarik  dalam mempelajari materi IPA. Sehingga pada akhirnya dapat  meningkatkan motivasi belajar siswa yang  berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

B.     TUJUAN

1.      Menumbuhkan motivasi belajar pada siswa

2.      Mengembangkan pembelajaran yang mengacu pada filosofi Ki Hajar Dewantara

3.      Mengembangkan pembelajaran yang berpihak pada anak

 

C.     TOLAK UKUR

1.      Motivasi belajar pada siswa padat mengalami peningkatan

2.      Hasil belajar pada siswa dapat mengalami peningkatan

3.      Dapat tercipta pembelajaran yang berpihak pada murid dan mengacu pada filosofi Ki Hajar Dewantara

 

D.    LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN

NO

NAMA KEGIATAN

WAKTU

1

Mendiskusikan program pembelajaran sesuai fiosofi Ki Hajar Dewantara  dengan kepala sekolah dan teman sejawat

15-17 Oktober 2021

2

Merancanakan pembelajaran yang menyenangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran

18-20 Oktober 2021

3.

Melakukan  pembelajaran yang mengacu pada filosofi KHD di kelas

21-26 Oktober 2021

4

Mengevaluasi dan merefleksi pelaksanaan pembelajaran

27 Oktober 2021

5

Melakukan perbaikan pada pembelajaran selanjutnya

26 Oktober 2021

 

E.     DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

1.      Sarana dan prasarana yang dibutuhkan ( alat sholat dan Al Quran)

2.      Dukungan dari kepala sekolah dan rekan untuk melaksanakan program

3.      Dukungan wali murid dan komite sekolah untuk mengoptimalkan program TIHAJA

 

 

 

F.      FOTO DOKUMENTASI

1.      Pembelajaran Role Playing Peredaran Darah

 


 



2.      Pembelajaran dengan Celemek Ajaib

 

 


 



                3.      Pembelajaran dengan Video Pembelajaran

 

 


 


 


4.      Pembelajaran Discovery Learning dengan Praktik Langsung

 

 

 


 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Categories: ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar