A.
LATAR BELAKANG
Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional
No.20 Tahun 2003 menyatakan pembelajaran adalah “Proses interaksi peserta didik
dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar” Disadari atau
tidak, pendidikan akan bengaruh cukup besar bagi kehidupan siswa, baik di masa
kini ataupun di masa yang akan atang. Keberhasilan siswa dalam pendidikan ini
tidak terlepas dari cara seorang guru mendidik siswa. di dalam dunia pendidikan
saat ini, siswa akan dianggap berhasil jika telah menguasai tujuan pembelajaran
yang disampaikan oleh guru.
Pada kenyataan di lapangan saat ini, masih banyak
siswa yang belum mampu menguasai tujuan pembelajaran yang diharapkan guru. Di
dalam kelas siswa juga terlihat kurang antusias dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang bersifat monoton
yang kurang berpihak pada anak.
Berdasarkan fakta
tersebut tersebut, guru
terdorong
untuk melakukan pembelajaran yang
menyenangkan mengacu pada
filosofi Ki Hajar Dewantara.
Pembelajaran dengan mengacu pada filosofi Ki Hajar Dewantara ini diharapkan mampu membuat siswa lebih
senang dan tertarik dalam mempelajari
materi IPA. Sehingga pada akhirnya dapat
meningkatkan
motivasi belajar siswa yang berdampak
pada peningkatan hasil belajar siswa.
B.
TUJUAN
1.
Menumbuhkan motivasi belajar pada siswa
2.
Mengembangkan pembelajaran yang mengacu pada filosofi Ki Hajar
Dewantara
3.
Mengembangkan pembelajaran yang berpihak pada anak
C.
TOLAK UKUR
1.
Motivasi belajar pada siswa padat mengalami peningkatan
2.
Hasil belajar pada siswa dapat mengalami peningkatan
3.
Dapat tercipta pembelajaran yang berpihak pada murid dan mengacu
pada filosofi Ki Hajar Dewantara
D.
LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN
NO |
NAMA KEGIATAN |
WAKTU |
1 |
Mendiskusikan program pembelajaran sesuai fiosofi Ki Hajar
Dewantara dengan kepala sekolah dan
teman sejawat |
15-17 Oktober 2021 |
2 |
Merancanakan pembelajaran yang menyenangkan dalam rencana
pelaksanaan pembelajaran |
18-20 Oktober 2021 |
3. |
Melakukan pembelajaran
yang mengacu pada filosofi KHD di kelas |
21-26 Oktober 2021 |
4 |
Mengevaluasi dan merefleksi pelaksanaan pembelajaran |
27 Oktober 2021 |
5 |
Melakukan perbaikan pada pembelajaran selanjutnya |
26 Oktober 2021 |
E. DUKUNGAN
YANG DIBUTUHKAN
1. Sarana
dan prasarana yang dibutuhkan ( alat sholat dan Al Quran)
2. Dukungan
dari kepala sekolah dan rekan untuk melaksanakan program
3. Dukungan
wali murid dan komite sekolah untuk mengoptimalkan program TIHAJA
F. FOTO
DOKUMENTASI
1. Pembelajaran
Role Playing Peredaran Darah
2. Pembelajaran
dengan Celemek Ajaib
3. Pembelajaran dengan Video Pembelajaran
4. Pembelajaran
Discovery Learning dengan Praktik Langsung
0 komentar:
Posting Komentar