Selasa, 07 Mei 2013

TUNDA KETEMU RUMAH


    Lagu bangun tidur dalam alarm HP q selalu membantu mengembalikan nyawa yang semalaman bermain ke ragaku. Pagi itu terasa lebih dingin dari biasanya. Langit mulai jenuh dan mengeluarjan titik titik hujannya dari perut sang awan. Rasanya ingin sekali kembali menyuruh selimut untuk kembali memeluk diriku. Benar-benar suasana yang membuat malas keluar dari kamar.
    Pagi itu, aku harus kembali melakukan aktifitas sebagaimana bisa. Tiada istimewa yang ku rasa. Yang paling membuatku sedikit melupakan rutinitas yang sudah sedikit membuat ku jenuh adalah hari ini aku bisa kembali melihat surga duniaku. Rasanya tiada hal yang paling membuatku senang hari ini selain bertemu dengan keluarga kecil ku yang slalu menyambutku dengan penuh senyum.
    Cakrawala mulai jauh keatas menunjukkan waktu duha nya. Aku sgera bersiap untuk mandi dan melakukan dua rokaat duha. Saat dua rokaat selesai q lakukan, aku tersenyum sambil berkata “ Allah jika rejeki, jodoh, hiduo, dan mati ku di tanganMu, aku mohon, jadikan dia sebagai jodoh, dia bukan jodohku, tolong jodohkan kami ya Allah”hehe
    Jam di HP terus maju teratur menemani aktivitas pagi ku. tiba-tiba terdengar bunyi getaran yang tidak asing lagi di telingaku. Dengan positif tingkingnya aku berimajinasi “ ya Allah, yang SMS jodoh ku kali ya, cepet banget nyampainya do’a ku, atau SMS dari pak komting kalau hari ini kulliah ditunda “ ahhhgttt au ah, gelap, . pokoknya hari ni imajinasi ku benar-benar terpampang nyata.
    Setelah tangan mencoba meraih HP yang udah berada di dompet ku, ternyata alangkah menyesalku melihat apa yang terjadi “ teman-teman, nanti malam akan diadakan rapat HIMA di basecame kita tercinta pukul 18.30 . mohom kedatangan dan partisipasinya. terimakasih” wow awan biru mendadak menjadi mendung karena SMS itu. Rasanya kayak ditampar pakai batang kaktus berduri tajam . berfikir sejenak untuk menyusn rencana hari ini.” OKAY, setelah menimbang, menganalisis , dan memutuskan,  ahmm, hari ini aku ngga usah ikut rapat HIMA ja dah, dah terlanjur kangen rumah. # nb : keputusan tidak bida diganggu gugat. TITIK.                                                             
    Dengan keputusan yang bulat juga, setelah aku selesai kuliah jam 12. Aku akan langsung dijemput pak supir angkot menuju kampung halaman tercinta. Yeahh. Semua persiapan mulai dari buku, dann sebagainya dan sebagainya sudah aku siapkan. Tinggal berangakat kampus buat kuliah dan langsung pulang.
    Jam 11 lewat 14 menit 38 detik udah ditunjukan tepat oleh jam HP ku. saat itu mendadak usil dengan bergetar kembali. Pikirku, ni sapa si, ganggu orang lagi konsen kuliah aja. Dan walhasill, setelah ku buka, ternyata SMS dari adikku yang juga kuliah satu kampus dengan ku. “ mbak, aku nanti sore ada kuliah tambahan, kalau kita pulang besok saja gapapa kan??” gubrakkkkkkkk, kayaknya rencana hanyalah tinggal rencana. Bersiap diri ja malam ini masih harus kluyuran nyari makan yang ngga jelas. Hem, hal yang paling menyebalkan. “ okey, GPP wes, nanti aku juga ada rapat HIMA kok” jawabku dengan raga yang sudah mulai lemas.
    Matahari sudah mulai menuju titik tengah nya, suasaunauipun makin terik dan  mrnyilaukan semua pandangan. Aku bersiap untuk pulang kost dam membatalkan rencana pulang kampung  ku. yang ada hanyalah siss agenda bbok siang dikost sepuasnya samopai alarm HP ku membangunkan saat ashar tiba.  Saat alarm HP q masih malas berdendang, Hp q kembali bergetar.Ini HP bakal aku marahin ja kalau ngasih SMS yang benar-benar mmerusak kebahagiannku. Dan ternyata 1 pesan singkat datang dari adik ku “ mbak, ngga usah beli maem, udah tak beliin”. Karena aku masih amat sangat ngantuk aku bales ja “ Y”. Hahhaha betapa jahat aku.
    Tok tok tok, bel alamiah ala kost ku berbubyi begitu nyaring sebagai pengganti alarm HP ku. spontan aku langsung bangkit membukakan pintu. Ternyata adek ku yang datang. Dengan gaya cebgar-cebgir nya yang masih polos khas semester awal dia berkata
“ mbak, maaf ya, ngga jadi pulang hari ini, la mau bolos takut kok. Masuk kuliah ja nggga mudeng sama materinya, apalagi bolos, tambah pintar nanti aku”.
“hah, tapi aku dah pingin pulang, udah ngga betah di kost, pokonya pengen pulang” # ceritanya aku ngambek
    Tiba-tiba dibalik tas gebdong adikku hasil warisan dari aku, dia mengelurkan jimat penghilang ngambek ku. yeahh es kri, strawberry susu, dan lele beserta lalapan siap disantap sore ini. Wkkwkwk # benar-benar ilang ngambeknya
“ heh, ini critanya nyuap biar aku ngga cemberut lagi” kataku dengan cengar- cengir
“ iya, habisnya kaya anak kecil saja, ngga jadi pulang ja ngambek”
“ hahha sekarang ngga ngambek lagi dah”  kata ku sembari menyantap es krim dengan lahab nya. Benar-benar jimat ajaib yang bisa mengambalikan mood ku.
    Sang matahari sudah mulai ganti siff dengan Bulan sabit yang indah. Rasanya aku masih mau bermalasan tidur di kasur kapuk kost ku yang udah di eliminasi dari katagori empuk. Rasanya untuk mandi pun kaki ini masih enggan melangkah. Benar-benar termanjakan dengan suasanya dan es krim nya. Sore itu, dengan sangat  terpaksa aku berangkat rapat dengan muka yang kucel dan belum tersiram sabun mandi. Maklum saja lah, saat bulan mulai bekerja, itu tandanya kamar mandi sudah penuh dengan antrian.
    Basecame yang ukurane mungil bahkan bisa dibilang sangat mungil menemani aktivitas ku malam itu. Berbagai agenda rapat kita bahas dengan diselingi canda dan tawa. Rasanya, sedih ku karena tidak jadi pulang kampung terobati disini. Semua tergantikan dengan pikiran yang terfokus pada program kerja yang akan dilakukan. Tiba-tiba, ujug-ujug, mak bendunduk timbul keinginan untuk menyapa facebook yang seharian belum sempat ku  buka. Yah, facebook yang belakangan ini membuat aku kepo dengan status orang-orang di dalamnya. Status yamng kadang-kadanng lucu. Bahkan tak bermutu. Dan kali ini aku benar-benar dibuat ketawa dengan sebuah status yang dibuat oleh adik ku “ kedewasaan tidak dapat dilihat dari umur. Ternyata lebih dewasa aku dari mb ta”. Oh ya, mb Ta adalah panggilan kesayangan dari adikku ke q yang sejak lahir di beri nama Aredhyta Rizuky Amelya. Saat itu, aku benar-benar ketawa terbahak-bahak. Apalagi liat komentar dari teman-teman yang gokil-gokil. Yang jelas, apapun yang terjadi di hari iytu. Baik dari yang menyenagkan sampai yang menyedihkan. Aku mendapat es krim lezat dan lele yang mantap hasil dari aku ngambek gara-gara ngga jadi pulang. Masalah yang lain uriusan nanti dah. heheh  
    Keesokan harinya, aku benar-benar dibuat malu lagi dengan ulah teman-teman ku yang ternyata tadi malem sempat membaca status adikku berikut komentarnya. Oalah, ternyata komentar dari status iti berlanjut ke dunia nyata. “ hahha kalian berdua ini, kakak adik yang aneh, masak benaran si, hgara-gara ngga jadi pulang di suap pakai Es krim?” kta temen kost ku yang waktu itu lagi sibuk jemur pakaian.
 “iya mb, ni mb tta ngga dewasa banget pulang kelewat sehari ja dah ngambek nya sesore, ku disuap pake es krim lagi biar sembuh. Parah dah” lanjut adik
“hehehhehe” aku hanya bisa ketawa dengan mukake yang udah kaya kepiting rebus

Minggu, 24 Maret 2013

yang ini rancangan novel baru ane yang tak kunjung jad.. owowowo



KRAKATAU 7 NO 20
KENALAN DULU SAMA PERSONIL KRAKATAU 7!!!
            Krakarau 7,sebuah lorong elit ditengah tengah perkotaan yang yang padat. Ditengah tengah rumah dalam lorong tersebut, terhadat sebuah rumah yang cukup rindang nan asri. Tepatnya di no 20. No yang cukup matang dan dewasa untuk menggambarkan umur seseorang (trs apa hubungannya dengan umur?). di dalam hunian yang cukup asri tersebut terdapat perempuan perempuan jelek yang cukup cantik dan perempuan jelek yang cukup imut.  Semua menyatu dalam sebuah bangun balaok beratap kerucut tersebut.
 Personil pertama yang cukup imut bahkan tergolong imut banget. This is Aredhyta Rizuky yang biasanya cukup dipanggil dita. Aku ini yang menorehkan huruf demi huruf di tulisan ini. Kata orang si, aku ini cukkup bikin kost berpenghuni 5 orang menjadi kost berpenghuni 100 orang. Dan kata orang juga, suaraku bisa melebihi suara pok atik dengan fekuensi tinggi. Hehehh
Personil kedua yang cukup aneh, bahkan aneh banget, si Vha ulpha ulvha. Ini dia teman yanng sering makan sepiring berdua sama aku. Buka masalah romantis, tapi masalah ngirit dan ngirit. Hehehheh makan ngga makan yang penting ngumpul, slogan yang slalu terceloteh lewat bibir sexy nya. Oh ya, cukup manggil namanya satu kali ja denganj tower berfrekuensi tinggi biar datang ke kamar ku g usah pake tiga kali dah. Tapi guys, kalau lagi di alam kasur, jangan harap dah, panggil 10 kali juga masih belum manjur tuh.. bikin ja gempa buatan 5 skala rickter di kasurnya biar bangun. Hehehe
Personil ketiga yang super duper centil, si tukicha wicaksana  
BAB 1 CERITA CINTA ANAK KRAKATAU

sebuah lagu dangdut yang tenar di masa lalu pernah mendendangkan syairnya “ Hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga”. Lagu ini juga yang selalu menginspirasi para penghuni krakatau 7 untuk terus mencinta. Walaupun mereka tahu tak selamanya cinta itu berbuah bahagia dan seharum melati di depan kos ku. Cinta terkadang seperti mawar berduri, mawar tersebut harum dab undah, akan tetapi jika kita tidak hati-hati, maka bersiaplah tangan berdarah karna durinya.
Berbagai rasa cinta dari mulai asam, asin, pedas, hingga manis dirrasakan oleh anak-anak krakatau 7. dan bersiaplah untuk membaca komplikasi cinta yang dialami mereka.
a. cerita cinta si ,mawa
ketika virus merah jambu menyerangku, aku tak sadarkan akal ini. Semua terasa indah. Gurun pasir nan gersang berubah indah bak pelita surgawi. Terkadang ucap taksesuai harap. Akal tak sebening hati,. Semua mati terhirup indahnya duniawi. Aku bermimpi tentang pangeran hati,. Sang pangeran penjaga hati kala sepi.
Semua bermula dari indahnya nada kicauan burung di HP ku. Setiap detik kicauannya selalu mengindahkan hariku dengan membawa sepucuk pesan dari pangeran terbaikku. Yah. Dia adalah amran, seseorang yang sudah dua tahun ini mengisi lebih dari setengah hatiku. Akan tetapi, belakangan ini semua berubah menjadi hitam, dan ketika diukur dengan busur ternyata perubahannya sudah mencapai 360 derajat. Amran yang masih mengaku menjadi pacarku itu belakang terlalu sibuk. Bahkan 5 menit untuk sekedar bertanya bagaimana kabarku saja tidak sempat. Aku bingung apakah ini yang namanya pacaran?? apakah aku akan bertahan dengan keadaan yang terus menyiksaku seperti ini? Pertanyaan – pertanyaan itu terus menghantui tahta tertinggiku. Hingga pada akhirnya aku meminta untuk putus darinya. Karena dia benar-benar tidak menyadari apa kesalahannya, apalagi bersedia untuk memperbaiki hubungan ini. Dan semenjak ini nada burung di HP ku benar-benar malas berbunyi, dan malangnya sekali nada burung berkicau dari HP ku membawa pesan dari oprator “ maaf, masa aktif no anda akan segera berakhir, anda harus segera melakukan isi ulang”> gubrak......... bumi gonjang ganjing, mata kelap kelip tak berdaya., benar-benar sesuai kata-kata Syahrini, cetar membahana badai...
mentari pagi hari ini ku sambut dengan indahnya senyuman di bibir ini. Tak tahu apa yang terjadi di hari ini, mentari terasa lebih indah di pagi ini. Di pagi itu, tiba-tiba nada burung di HP ku kembali berkicau, akupun bertanya-tanya siapa gerangan yang sudah ramaikan pagiku ini. Dan ternyata nada burung tadi mengiringi pesan yang datang dari pangeran yag belakangan menngisi hariku yang sepi semenjak orang yang mengaku pacarku berubah seperti fatamorgana yang ketika didekati hilang entah kemana. Saat pesan iitu datang, aku tak tahu apa yang kurasa. Hatiku mencoba berkata itu hanya pesan biasa pengisi hariku yang sepi. Aku terus menyambut pesan tersebut sebagai pesan dari teman yang baru saja ku kenal. Hal inilah yang aku alami. Aku dan dia belum sama sekali mengenal. Bahkan sama sekali aku belum melihat pangeran pembawa pesan tersebut. Lucunya, hubungan kitapun berawal dari ketidak sengajaan.. ya, mungkin mungkin kami seperti bulan dan bintang yang dipertemukan dikala malam.
Cerita dari perkenalan kami berawal dari aku yang punya seorang teman, dan temanku itu, teman dari temanku yang aku kenal dari temennya temenku. Hehhehe bingung ya?? ( sama kayak yang nulis dong). Dan yag lebih lucunya lagi, perkenalan tersebut terjadi karena salah sasaran. Bagai pinang dibelah dua. Pangeran memiliki nama yang sama dengan temanku. Dan temanku salah persepsi dengan memberikan no HP sang pangeran, bukan no HP temen ku seperti yang ku mau. Dan setelah itu liat apa yang ku lakukan dengan no HP tersebut. Oh ya, sebelumnya aku belum ngasiih tahu ya, kalau nama pangeran tersebut adalah Zian Abi
“ zian, ini aku Mawa, temanmu , kapan pulang ke Kendal? Aku pengen nitip sesuatu ni?
Dan setelah nada nada burng di HP ku berbunyi moohhhh ( weits, suara apaan ini?? burung apa sapi?/) ternyata ada sms masuk “ Mawa siapa ya? Perasaan aku ngga punya teman namanya Mawa” saat itu, rasanya mak jleb, setar membahana badai. Baru kali ini ada orang yang ngga mau jadi temannya sekaliber Agnes Monica seperti aku ( labay banget)
untuk mengurangi rasa malu yang telanjur sudah segunung, , dan mengurangi merahnya wajah yang yang sudah kayak kepiting rebus, akhirnya aku berusaha menjelaskan. Dan yang paling pasti karena bonos SMS ku yang masih banyak. (Maklumlah, gue ngga pernag SMS san, seringga telp, BBM man, whats up, pokoknya yang lebih wow dari SmS lah, /// padahal karena kesepian san ngga asda yang diajak SMS)
aku : “ Zian, masak kamu ngga kenal akuj sih, kamu sekolah di UPS ( universitas pendidikan semarang) kan ?”
Zian : “ Y “ ( jawanban yang cukup bikin hati berdarah -darah, nyakitin banget, satu huruf euy)
Aku : “anak Kendal kan ?
Zian : “ Y, aku anak Kaliwungu” ( di dalah hati cua pengen bilang , weitz, kok bisa sama ya, wah, ni anak perlu gue cium biar sadar, sapa tahu ni anak lagi amnesis gara-gara jatuh dari pohon durian ,l atau amnesia gara-gara kejatuhan cicak.
Aku : tukan, kamu tu berarti temanku, sekolah di UPS kan ?”
Zian “ Y “ ( lagi-lagi sok cool dengan huruf “ Y “ nya.
Aku “ jurusan Fisika kan ?”
Zian : “ idih, lo kayak wartawan aja si nanya-nanya mulu , gue jurusan biologi, puas lo?
//.., gubrak .. bagai kejatuhan bantal kapuk super empuk, ni bocah ternyata galak banget ya, atuttttttttttt
aku : “ yausdah, maaf ya, mungkin aku salah nomor, selamat tidur, maaaf jika menggangu kenyamanan anda malam ini.
#**#

SETELAH TRAGEDI TRAGIS itu, aku hanya bisa melihat bintang dibalik jendela kos ku yang berkatagori imut, bahkan sangat imut. Disitu aku hanya berfikir dalam hati “ duhai bintang, betapa bodohnya aku ini, apa-apaan SMS orang yang sama sekali ngga aku kenal. Bikin pamor ku jelak aja. . Mana tadi ngaku pake nama asli juga. Bintang, sebenarnya aku keswepian seperti kamu yang malam inni tidak ditemani bulan. Laki-laki yang ngakunya jadi pacarku udah ke laut dimakan hiu. Makanya ngga perbah menghubungi aku. Paling kalau hiunya lagi baik dan menyemburkannya ke darat, lagi SMS cuek ”lagi apa?” nanti baru aku bales dia sudah diperut hiu lagi. Dan parahnya, HP disita sama si Hiu. Bintang, sebenarnya aku merindukan perhatian, aku ingin punya opangeran yang super duper baik sama aku.
Tiba-tiba , ada mb dinda teman kos ku yang membangunkanku dari lamunan yang tak berujung.
Mb dinda : “ wa, tutup jendelanya, banyak nyamuk, udah malam, ayo tidutr”
aku : “ iya mbak, sebentar ya, aku belum ngantuk masih mau lihat bintang ketemu bulannya.; aku mau nemenin bintang mb, kasihan dia sendirian. Bulannya malam ini lagi cuti”
mb Dinda : “ wkwkwkwk wa, kamu ini aneh-aneh saja mana blan bisa cuti, , emeng dioa pegawai?”
mb dinda: awas lho, ntar ada yang muncul dari jendela buat ngagetin kamu. Heheheh “
aku : “ iya mb, sebentar, nanti kalau aku dah yakin bakal ketemu pangeran dimimpiku pasti langsung tidur dah, ( gubrak, bantal guling kesukaanku benar-benar melayang dari Nindi teman kamarku juga)
aku : aduh, atitt, kamu ini nin, iri aja. Aku pikir kamu sudah menyelam di alam mimpi ternyata masih gentayangan gitu”
nindi : belum lah, mau tidur gimana kamunya aja masih ngoceh sambil berkhayal ngga karuan gitu’.
Aku : nindi sama mb dinda tidur dulu saja, nanti aku nusul. Aku belum ngantuk oq”.
Nindi : “ percaya dah, sama yang belum ngantuk, kan tadi siang dah jalan-jalan di alam kapuk berjam-jam. Yasudah, aku ngantuk, tidur dulu ya..
Mb dinda :” aku juga tidur dulu ya wa”
            Setelah si pengganggu pada tidur, aku kembali melanjutkan lamunanku. Bintang, andai saja si zian bisa jadi pangeran pengobat sepi setelah si Amran timbul tenggelan tidak jelas, pasti aku seneng banget. Ah.. andai saja...
                                                            # * * #
Pagi yang cerah untuk jiwa yang sepi lagu dari band favoritku yang slalu ku dendangkan setiap paginya setelah si Amran di telan hiu. Hatri-hariku benar benar berhias sepi. Nada burung di HP ku benar-benar jarang berbunyi, hanya sesekali berbunyi karna SMS dari pak komting karna pengumuman kuliah, atau dari salah satu teman karena bertanya tenteng tugas.
Aku : “ haduh..  bisa mati gaya ini, HP ku benar-benar mati suri ngga pernah ada bunyinya. Sekali bnyi, eh, ngingetin tugas yang bikin pusing.
Nindi : “ heh, lagi apa si wa, pagi-pagi sudah nglantur ngga karuan gitu. Sadar sadar sadar .. ( ejek nindi sambil meremas remas rambutku yang emang sudah berantakan)
Aku: “ haduh nin, sakit tau, ntar aku harus ribonding lagi ni gara-gara tingkah kamu.”
Nindi : “ biarin, habisnya pagi-pagi dah muter lagu galau sambil ngalamun ngga jelas gitu. Ada apa si sayaong???”
Aku : “ ngga ada apa-apa,, kamu g perlu tau nanti kabarnya banjir sampai kemana-mna lagi”.
Nindi : “ awas aja kalau pada akhirnya nangis ngga jelas, bakal aku remes-remes lagi rambutmu biar makin kriting”.
Aku : “ iya-iya, ngga balal nangis dah aku, janji”
            Sejak ada permasalahan dengan si mantan, aku memang belum pernah cerita dengan kedua orang satu tempat tidurku itu. Aku memeng punya sebuah prinsip, ketika aku masih bisa menyelesaikan masahku sendiri, aku ngga akan minta bantan orang lain. Jadi, akan ku simpan rapar-rapat semua sedihku di hadapan teman-temanku. Akan tetapi, karena memang kita selalu bersama sejak dua tahun yang lalu, mb dinda dan Nindipun sudah terlalu hafal kelakuanku ketika aku sedih atauppun senang. Dan mereka pun tahu bagaimana cara terbaik memperlakukanku ketika aku sedih atau senang. Mereka memeng sahabat terbaiku saat ini.
            Mb dinda yang baru saja selesai mandi masuk ke kamar dengan gaya nmodel yang berlaga di lintasan. Gaya tersebut memeng gaya khas mb dinda ketika berjalan. Maklum sajalah, mb Dinda dari kecil memang sangat teropsesi untuk menjadi model terkenal. Walaupun sampai sekarang belum kesampaian. Setelah selesai dandan dan memakai pakaian barunya mb dinda pun senyum-senyum dengan bertanya
Mb dinda : “ wa, gimana penampilanku hari ini, cantik kan? hehehe”
 Aku : “ cantik banget mb, mau ketemu sapa si, kok kayaknya penempilannya beda gitu ?”
Mb dinda :” aku mau daftar jadi putri kampus perwakilan jurusanku wa, ni aku lagi mau photo buat daftar.hehe “.
Aku : “ waduh, berati ini aku ketinggalan info ni, baru tahu kalau mb Dinda daftar putri kampus juga.ngomong-ngomong, pasangan dari mb Dinda sispa nih?
Mb Dinda : “ ada dech, yang pasti bukan Dimas pacarku itu, heheheh, eh kamu sama nindi ngga kuliah??”
Aku : “ ngga mb, nanti kita kuliah sore jam setengah tiga “.
Mb Dinda : “ yaudah, mb berangjkat dulu ya, doain mb, semoga semuanya lancar”
Aku ; ‘ iya mb, amin...”
            Sewaktu mb dinda bergeser nenutup pintu dari luar, aku hanya bisa menandang mb Dida dari atas sampai bawah. Hemm, selama ini ternyata aku ngga nyadar kalau mb Dinda cantik juga, tinggi lagi, pantes saja terpilih menjadi putri kampus mewakili fakultasnya. Tapi yang membuat aku heran sampai saat ini, mengapa mb dinda mau ya, pacaran sama mz Dimas?? Iya si, dia baik, tapi jauh banget dari Dude herlino artis favorit mb Dinda itu. Heheheh dalam hati Cuma bisa bertata “ namanya juga jodoh ya, kalau dah cinta sama cinta mau gimana coba “
                                                # * * #
            Beberapa hari ini, entah mengapa pikiranku selalu mengarah pada sosok Zian. Aku semakin penasaran, sebenarnya siapakah sosoknya yang misterius itu/. Akan tetapi seperti kata peribahasa apa daaya tangan tak sampai, aku hanya bisa memendan rasa penasaran tersebut dalam-dalam. Bagiku tak perlu seseorangpun untuk tahu apa yang sedang aku rasakan, termasuk teman kos ku yang memberikn no HP nya pada ku. Terkadang ada keinginan untuk bertemu sekedar mengetahui seperti apa sosoknya, tapi bagiku itu akan sulit untuk terjadi. Terkadang, aku juga heran dengan apa yang tejadi pada diriku, padahal, menurut orang-orang terdekatku, aku adalah sosok yang terlalu perfectsionis, dan susuh untuk jatuh cinta. Tapi entah mengapa dengan sosok ini aku benar-benar penasaran. Saat itu, tanganku terasa ingin untuk menganmbil hp dan mengetim sebuah pesan untuk Zian, “ zian lagi ap?” dan setelah pesan tersebut ku tulis dengan baik di Hp q, pesan tersebut kembali ku hapus dengan cepat. Logikaku kembali menyangkal perasaan terdalamku “ jangan sms dia, Cewek apaan sms cowok duluan, belum tahu lagi, siapa sebenarnya dia”.
            Tiba-tiba nada burung di HP ku membangunkan lamunanku. Dan setelah aku buka ternyata ada sebuah pesan yang benar-benar tak ku sangka “ mawa, apa kabar?? Sudah lama banget ya, ngga dengar kbar kamu?” . wow ada SmS dari sang sahabat lama yang dulu pernah ngaku mencintaiku tapiku tolak. Ya, aku menolaknya karena alasan agar perhabatan kita tetap jalan, tapi setelah aku menolaknya ternyata semuanya juga berubah, persahabatan kita pecah, dan Baim, sahabatku memilih untuk menjauh dariku, sampai akhirnya aku memilih berpacaran dengan amar. Tak ku sangka ternya Baim masih mengingatku setelah hampir dua tahun tak ada kabar. Dan parahnya lagi, ternyata Baim kuliah di kampus yang sama dengan ku. karena saking senengnya aku membalas SMS nya dengan gemetar “ iya, aku baik-baik saja im, bagaimana dengan kabarmu?”
Baim ; “ baik wa, dan tentu saja itu karnamu “.
Aku ; “ karenaku? Apa itu maksutnya?”
Baim : “ ya, karenamu aku berusaha  untuk hidup dsan teris hidup lebih baik”.
            Ternyata setelah aku telurusi lebih jauh, selama ini Baim bukannya menjauh dariku akan tetapi dia bercerita bahwa sewaktu liburan sekolah dulu, dia berniat untuk memberikan kejutan ulang tahun padaku, akan tetapi di perjalanan dia mengalami kecelakaan yang cukup berat.  Kepalanya terbentur trotoar yang ada di sebelah jalan. Dan hal itu semakin diperparah dengan keadaannya pada waktu itu yang tidak memakai helm. Kepalamya menngalami luka daam yang cukup parah, sehingga dia harus dalam waktu yang cukup lama. Pada saat terjadi kecelakan banyak orang yang mengira dia sudah tiada. Akan tetapi Allah menyelamatkannya. Dan setelah dia sembuh dia tak pernah sama sekali berniat untuk menghubungi aku karena bain telah mengetahui jika Aku sudah mempunyai Amran. Betapa terkejutnya aku mendengar berita seperti ini. Selama ini aku telah menyanyiakan sahabat baikku sendiri demi Amran, laki-laki yang saat ini pergi entah kemana.
            Akupun berusaha menceritakan hal yang sebenarnya dengan Baim,. Dan aku sangat berharap masih bisa menjadi sahabatnya seperti dulu. Baim pun tak kalah terkejutnya mendengar ceritaku yang sudah putus dengan Amran.
                                                            # * * #
            Wa..........., mawa, teriak nindi dengan seriusya, dan terikan itu menghancurkan pikiranku yang lagi terfokus pada sosok Zian dan Bain.
Aku : “ apa si ni?? Ganggu orang jlagi ngalamun enak aja”.
Nindi : “ udah dapat Sms belum, kalau kuliah hari ini diajuin kjam nya karenabu Dosen nanti mau rapat”.
Aku : “ ha?? Diajuin jam berapa?? Haduh, kita belum mandi juga lagi”.
Nindi : “ jam 10 wa, ayo burusan mandi “.
            Karena waktu telah menunjukan jam setengah 10, akupun langsung bergegas mandi, dan parahnya karena benar-benar tergesa-gesa, aku sampai terpleset di kamar mandi.
Aku “ aduhhhhhhhhhhhhhhh, sakittt”
Nindi : “Kenapa wa?”, teriak nindi dengan seriusnya. .
 Aku : “ kepleset nin”
Nindi : “ati-ati wa, ayo cepat mandinya terus berangkat, aku sudah selesai ni “.
            Setelah semuanya selesai, aku dan nindi bergegas untuk pergi ke kempus. Dan karena terlalu tergesa-gesa, sekarang giliran nindi yang terpleset dan menabrak seorang cowok yang sdedang duduk santai di tangga pada saat itu (  wow, benar-benar kayak cerita di senetron sinetron) saat kita berjalan menuju kampus. Hari itu benar benar tidak akan kita lupakan. Karena merupakn hari terberat menuju kampus semenjak kita kuliah. Tetapi, setelah kejadian itu, nindi senyum-senyum sendiri dan di atas kepelanya muncul bunga-bunga mawar berduri. Maklumlahlah, cowok yangh baru saja nindi tabrak lumayan ganteng dan terkesan macho banget. Sayang saja kita tidak sempat untuk berkenalan karena diburu waktu.
            Setelah sampai kelas ternyata bu dosen belum datang, kata ketua kelas si, bu dosen lagi kle ruang dosen dulu buat ambil absen hadu,, tau gitu si tidak usah terlalu terburu buru  dan bisa berkenalan dulu dengan cowok tadi, gumam nindi yang duduk di sebelahku. Mamang terkadang hal-hal yang seperti ini yang paling tidak aku suka saat kuliah. Jadwal  yang kadang bisa berubah karena sesuatu hal yang tidak jelas apa sebabnya.
                                                            # * * #
            Tiga hari setelah kejadian yang tidak mengenakan karna perubahan jadwal tersebutl, tiba saatnya mb Dinda tampil dia jang pemilihan putri kampus. Dan pada saat itu, menjadi wajib hukumnya untuk aku dan Nindi yang ngaku menjadi sahabat dan adiknya mb Dinda datang untuk memberi dukungan.   Hari itu, mb Dinda benar-benar telihat sangat cantik dengan gaun merahnya. Pasangan mb Dinda saat itupun terlihat sangan tampan dan mempesona. Aku dan nindi sangat penasaran dengan pasangan mb Dinda saat itu. Apalagi orang tersebut benar-benar tidak asing bagi kita berdua.  Sepertinya kita perenah bertemu sebelumnya.
Nindi : “ wa, sepertinya aku pernah melihat cowok itu deh “.
Aku ; “ iya,kayaknya aku juga tidak asing dengan muka itu”.
Nindi : “ kita pernah ketemu dia dimana ya?” ( nindi dan mawa berusaha menatap sososk pasangan mb Dinda tersebut tajam-tajam dari atas hingga bawah agar dapat teringat dimana nindi dan Mawa bertemu dia)
Aku ; “nin, aku ingat nin, cowo itu kan yang nabrak kamu saat kita berangkat kuliah terfesa-gesa, kamu ingat tidak?”
Nindi : “ iya wa, aku ingat, dia kan yang pernah merontokan hatiku saat itu, hehehe pantes ja, tadi aku degdegan bangat waktu lihat dia.wkwkw “.
Aku : “ gayanu itu lho nin, katanya cinta kok baru beberapa hari tidak bertemu sudah lupa”.
 Nindi : “ namanya juga baru pertama ketemu wa, kan wajar. Heheheh “
            Saat aku dan Nindi benar-benar larut dengan obrolan tentang sosok tersebut, tiba-tiba mb Dinda  datang dengan gaya khas nya sambil meremas remas kepalaku dan Nindi. Saat itu, mb Dinda juga tidak datang sendirian, akan tetapi dengan membawa mas Dimas pacar mb Dinda dan tentunya pasangan dari mb Dinda tadi yang sedang kita berdua bicarakan.
Mb Dinda:” woy kalian sedang apa? Daritadi aku perhatikan lagi membicarakan sesuatu, pasti lagi ngomongin kalau aku cantaik ya?  Hehehh “.
Nindi : “ aduh, mb Dinda ini terlalu Pepercaya diri deh, pokoknya tadi bukan mb Dinda yang kita omongin. Wekkkkk” . ( jawab Nindi dengan menjulurkan lidahnya ke luar)
            Serentak semua orang yang ada disiu tertawa melihat tingkah nindi yamg memang kadang nggemesin. Dengan raut muka yang semakin bertanya-tanya siapakah nama dari pasangan mb Dinda tadi, aku dan Nindi terus melihat sosok itu. Sampai akhirnya mas Dimas dan mb Dinda menyadarinya. Saatitu suasanya berubah menjadi sepi karena tidak ada yang memulai pembicaraan. Dan kali ini semua mata tertuju pada sosok itu, pasangan mb Dinda  saat lomba tadi.
Mb Dinda “  woy, kalian sedang liat apa? Heheh”
Aku ; “ tidak kok mb, hehehh “
Mas dimas : “ mau kenalan sama itu ya? “ ( sambut mas dimas dengan mata yang melirik ke arah sosok itu)
Mb dinda : “  ayo, itu lho ada yang mau kenalan sama kamu. Hehehe “. ( kata mb Dinda sambil mengulurkan tangan cowok itu pada ku)
Abi : “ heheh eh iya, perkenalkan, namaku abi, kalau dikelas suka dipanggil papa, kalian panggil aku papa aja biar lebih akrab”.
Nindi : “ iya papa, hehehe, eh kayaknya kita pernah bertemu sebelumya deh “
abi : “   masak sie? “
Aku : “ iya kamu kan yang ditabrak nindi kemaren waktu kita kuliah tergesa-gesa”.
Abi :Oh, iya aku ingat , heheh “.
             Bermula dari pembicaraan itu, kita menjadi labih akrab dan bisa bercanda bersama. Ternyata abi bisa diajak bercanda juga, tidak seserius yang kita kira sebelumnya. Akan tetapi abi terlihat agak kaget saat itu ketika aku memperkenalkan diriku dengan nama Mawa, padahal aku rasa tidak ada yang aneh dengan namaku. Terlebih lagi ketika dia mendengar bahwa aku anak Kendal, raut muka Abi menjadi berubah serius. Akupun menjadi semakin curiga kemapa Abi bisa berubah seperti itu. Untung saja ada Nindi, mb Dinda, dan mas Dimas yang bisa mencairkan suasana kembali, dan sedikit mengurangi rasa penasaranku yang berlebihan terhadap Abi. Kitapun kembali bercanda dan membahas hal-hal kocak, bahkan kekocakan kami bisa melawan kocaknya komedo opera van java yang ada di TV.
            Suasana berubah serius kembali ketika pengumuman jura akanj dibacakan oleh juri. Ruangan yang mulanya bisa ramai melebihi pasar, menjadi hening dan sepi melebihi sepinya perpustakaan kampus dan kuburan komplek kost. Aku bisa mengibaratkan jantung mb Dinda, Papa dan peserta linnya bertedak sangat kencang sepeti jantung orang-orang yang naik halilintar atau Histeria (kayak pernah naik ja,wkwk). Dan pada akhirnya juru mengumumkan hasilnya. Tanpa disangka, mb Dina dan Abi keluar sebagai juara favorit pilihan dari penonton. Betapa senangnya mb Dnda bisa pulang dengan membawa slempang juara favorit putri kampus tahun ini. Ucapan selamatpun datang dari orang-orang yng ada di rangan itu. Dan bagai seorang artis terkenal, Mb Dinda dan Abi diwawancara oleh surat kabar kampus dan daerah, sorot kamerapun selalu tertuju pada mereka.  Benar-benar hari yang membahagiakan bagi kami.
                                                            # * * #

BERSAMBUNG.......

Kamis, 27 Desember 2012

blog q bahasa arab.. gaulll abis

teman-teman q pengen cerita nih..
tau g sihhh, blog jadi beralih tu bahasanya,jadi bahasa arab.. yah ni blog abis jalan-jalan ke arab kali ya.. sayang bangat g bawa unta tu baliknya. la kan gua jadi sedih gitu.. ...
sedihnya sih bukannya ni blog abis ke arab terus g bawa unta atau kurma.. tapi gara-garanya gua g mudeng bahasa arab cuy.. pusing kalise ( mocone walik).. wkwkwkk kata temen gua sih, yang ngakunya gaul tapi g gaul " itu derita loh,, terus gua harus,kudu n wajib bilang wow gitu.... " g banget dah.. mendingan gua gua pergi ke pucuk gunung terus bilang pucuk pucuk pucuk
lo tau g sih.. waktu gua nulis ini temen gua temaen gua langsung tu nngularin jimat ketawanya g g nahan abiss
ya gimana ya, yang lucu tu bukan tulisan gua tapi guanya... hahahahah ( macak sich
pokoknya gua kudu bisa mbalikin blog gua ke habita semulanya. biar g malu maluin gua. punya blog oq g ngerti apa aja yang ada di blog. mau ke pengaturan, eh,, malah gua kuarin ni blog... waduh.. malu maluin euy.....

 

Senin, 24 Desember 2012

PERLUKAH PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN KURIKULUM DILAKUKAN?




            Pendidikan di Indonesia terus berubah menembus dimensi waktu. Perubahan tersebut  terjadi sesuai dengan perkembangan zaman yang ada. Hal ini dapat terjadi karena pendidikan diindonesia akan di sesuaikan dengan kebutuhan para pemakainya di setiap zamannya. Perubahan di dalam dunia pendidikan khususnya kurikulum, dapat terjadi di berbagai jenjang. Dimulai dari jenjang sekolah dasar sampai jenjang teratas atau perguruan tinggi. Dan yang paling dapat kita rasakan adalah perkembangan dari kurikulum di sekulah dasar yang terus terjadi dari waktu ke waktu.Pengertian kurikulum itu sendiri Menurut UU No.2 tahun 1989 kurikulum yaitu seperangkat rencana dan peraturan, mengenai isi dan bahan pelajaran, sertacara yang digunknnya dalam menyelenggarakan kegiatn belajar mengajar. Bayak pendapat mengenai arti kurikulum, Namun inti kurikulum sebenarny6a adalah pengalaman belajar yang banyak kaitannya dengan melakukan berbagai kegiatan, interaksi sosial, di lingkungan sekolah, proses kerja sama dengan kelompok, bahkan interaksi denagn lingkungan fisik seperti gedung sekolah dan ruang sekolah. Dengan demikian pengalaman itu bukan sekedar mempelajari mata pelajaran,tetapi yang terpenting adalah pengalamankehidupan.
Perkembangan kurikulum ini bukannya tanpa kontra perdebatan, mengingat dampaknya yang sangat luas serta mengandung resiko yang sangat besar, apalagi kalau perubahan itu dilakukan secara tiba-tiba dan dalam waktu yang singkat serta tanpa dasar yang jelas. Menurut beberapa opnum, kurikulum hanya merupakan sebuah lagu sebagus apa pun lagu itu jika dibawakan oleh orang yg tdk kompeten tetap tdk enak didengar tdk laku dijual. Tp lagu yg sederhana dibawakan oleh penyanyi yg berkualitas akan enak dan dburu konsumen. Hal ini juga dapat diartikan bahwa sebaik apapun kurikulum disusun, jika guru sebagai pihak pemakai kurikulum tidak dapat melakukan atau , mempraktikannya dengan baik maka perubahan tersebut dirasa percuma. Perdebatan eksistensi kurikulum dan pembelajaran selama ini iabarat mempertanyakan lebih dahulu mana antara telor dengan ayam. Sebenarnya keduanya merupakan dua hal yang berhubungan, seperti dua sisi mata uang. Kurikulum akan membantu pendidikan lebih terprogram dengan baik karena di dalamnya akan direncanakan dan ditentukan isi untuk memenuhi tujuan pembelajaran yang diinginkan. Sedangkan pembelajaran sendiri menjadikan proses penentuan kurikulum yang itu lebih baik, karena dalam pembelajaran berarti ada praktek langsung dari kurikulum tersebut dan bisa dideteksi kelebihan dan kekurangannya. Dan bisa dicarikan jalan keluar untuk dapat memeperbaiki kurikulum tersebut agar menjadi lebih sempurna. Keduanya salin terkait dan saling mempengaruhi dan keduanya juga sama-sama penting. kurikulum memiliki fungsi untuk menuangkan ide atau konsep dan menjabarkan dalam bentuk yang lebih mudah dilaksanakan dan dipahami dalam proses pembelajaran
Perkembangan kurikulum ini memiliki berbagai dampak. Baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positifnya adalah, dalam proses pembelajarn, guru akan dapat melakukannya dengan lebuh sistematis. Sehingga pada nantinya diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia yanng ada. Selain itu, dengan perkembangan kurikulum, sekolah akan lebih maju sesuai dengan perkembangan zamannya.  Sehingga dapat menghasilkan output sesuai apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. sedangakan dampak buruknya adalah, sekolah yang tidak bisa mengikuti perkembangan kurikulum tersebut akan semakin tertinggal jauh oleh sekolah-sekolah yang dapat mengikuti perkembangannya. Akibatnya, kualitas output yang dihasilkan juga akan jauh dari standar yang telah ditetapkan oleh kurikulum.
Dengan berbagai dampak yang ditimbulkan diatas, pemerintah tetap melakukan berbagai perubahan kurikulum. Ini dikarenakan berbagai alasan yang cukup mendasar. Perkembangan dan perubahan yang dilakukan juga bukannya tanpa dasar.  Namun didasarkan atas berbagai prinsip pendidikan yang diantaranya:
.1.    Berfokus pada, pengembangan potensi peserta didik, kebutuhan, dan kepentingan, dan lingkungan mereka
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki potensi unik mereka sendiri untuk mengembangkan kompetensi mereka untuk menjadi agama yang setia, cerdas, warga kompetitif, dan bertanggung jawab. Hal ini, oleh karena itu, pengembangan potensi ini dilakukan berdasarkan potensi peserta didik dan kebutuhan develomental. Para pelajar yang seharusnya menjadi perhatian pusat kegiatan belajar (peserta didik kurikulum oriented).

2.          Bervariasi dan terintegrasi
Kurikulum dikembangkan oleh mengingat keragaman karakteristik peserta didik, kondisi geograph y, tingkat dan jenis pendidikan, serta perbedaan apresiasi agama, etnis, budaya, tradisi, sosial-ekonomi status, dan jenis kelamin. Kurikulum harus berisi subyek yang diperlukan, muatan lokal, dan pengembangan diri yang terintegrasi dan dikembangkan dalam integrasi intersubjects bermakna dan tepat.

3.          Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pengetahuan, teknologi, dan seni
Kurikulum dikembangkan berdasarkan pada kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, pengetahuan, teknologi, dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat kurikulum dan konten harus menyediakan pelajar dengan pengalaman belajar yang memungkinkan mereka untuk bersaing dengan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, pengetahuan, teknologi, dan pengembangan seni.

4.          Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Kurikulum dikembangkan dengan melibatkan para pemangku kepentingan untuk memastikan relevansinya dengan kebutuhan hidup yang meliputi kehidupan sosial, bisnis, dan pekerjaan. Oleh karena itu, lembaga pendidikan harus mencakup pengembangan pribadi, berpikir, sosial, akademik, dan keterampilan vokasional.

5.          Komprehensif dan terus
Isi kurikulum mencakup dimensi seluruh kompetensi dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara kontinyu melalui semua tingkat pendidikan. Artinya, karena itu, bahwa subjek yang sama dapat disajikan pada tingkat yang berbeda, tetapi dengan kedalaman yang beragam dan ruang lingkup.

6.          Umur panjang pembelajaran
Kurikulum diarahkan proses perkembangan peserta didik, aculturation, dan pemberdayaan dalam rangka belajar sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan pendidikan formal, non-formal, dan informal dengan memperhatikan kondisi lingkungan yang terus berubah dan permintaan.

7.          Menyeimbangkan kepentingan nasional dan regional
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan regional dalam rangka untuk mengembangkan kehidupan yang seimbang di masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan daerah harus tetap seimbang sejajar dengan motto dari Kesatuan Negara Republik Indonesia: persatuan melalui keragaman.
     Untuk mengatasi berbagai dampak yang ditimbulkan tadi, pemerintah mengembangkan kurikulum menjadi kurikulum yang penyusunannya berdasarkan pada keadaan sekolah masing-masing. Kurikulum tersebut biasa disebut sebagai kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Dengan KTSP ini, diharapkan sekolah dapat mengembangkan potensi yang ada semaksimal mungkin. Dengan KTSP juga, sekolah juga akan belajar menganalisis kelebihan, kekurangan, peluang serta tantangan yang ada agar dapat digunakan sebagai dasar mengembangkan potensi yang ada di sekolah tersebut.
     Isu terbaru dalam perkembangan kurikulum yang dilakukan pemerintah untuk kurikulum jenjang sekolah dasar adalah dileburnya pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar. Hal ini dilakukan karena pelajaran IPA dan IPS dipandang belum perlu untuk dipisah. Pelajarn di SD sendiri pada nantinya akan bersifat lebih tematik. Hal ini dipandang lebih baik karena anak usia SD belum bisa berfikir terlalu rumit. konsekuensinya, kesinambungan dengan mata pelajaran IPA dan IPS yang terpisah di jenjang SMP . sehingga hal ini masih perlu dipikirkan.
     Jika perubahan ini tetap dilakukan, tidak menutup kemungkinan siswa akan merasa kebingungan saat memasuki bangku SMP. Karena pada sebelumnya siswa tidak pernah mengenal kedua mata pelajaran ini secara terpisah. Dan kemungkinan terbesarnya adalah kurikulum untuk SMP dan SMA juga akan mengikuti perubahan kurikulum yang dilakukan di sekolah dasar. Tapi, disisi lain, siswa akan lebih mengenal lingkungan sekitarnya dengan pembelajaran tematik yang dilakukan. Karena, pada pembelajaran tematik ini, siswa akan dihadapkan langsung pada peristiwa yang ada di sekitarnya pada saat pembelajaran di kelas.
                
Ardita Rizky Amalia_10120206_5D PGSD      



Jumat, 23 November 2012

EDISI CURHAT

hari ini aku bersedih, tak tahu aku yang salah, atau memang takdir yang berkata demikian. jika hari bisa diputar q kan memutarnya untuk merubahnya dan memperbaiki keadaan yang terjadi saat ini. namun sekarang waktu telah terlanjur berjalan dengan sempurna. aku tak bisa mengubah apa yang terjadi saat ini, yang disa q lkaukan adalah melakukan hal yang terbaik untuk saat uni mesti keadaan tak sesuai yang q harapka. Tuhan, dengarkan semua doaku. jangan Kau biarkan aku kecewa lagi. karna hati ini telah cukup muak dan jenuh dengan rasa kecewa. Tuhan, hati inii telah sangat rindu dengan tawa dan kasih sayang. muulut ini sudah sangat ingin tersenyu. hati ini sudah terlanjr patah Tuhan, tak bisa kembali untuk menjadi sempurna seperti dulu... god always listening and undrestanding, q yakini itu..

Senin, 12 November 2012

PKM

hari ini tantangan baru ada padaku. sebuah program kreativ yang benar-benar menantang ku untuk kreativ, sabar, rela berkorban. ku yakin suatu saat nanti ada harga dibalik sebuad perjuangan. Sim-litabnas, benar-benar mengajari ku untuk mennerapkan nilai-nilai karakter yang selama ini hanya teori (sabar menanti). mau tidak mau. suka tidak suka ku harus bersabar dengan antrian panjang untuk menuju perindukannya. PKM oh PKM, semoga kali ini kou adalah jalan terangku untuk menuju satu tangga keberhasilan.  sim litabmas jadilah teman baikku sampai semua usahaku tak sia-sia